Selasa, 08 November 2016

Pentingnya Politik

Politik. Satu kata, banyak makna. Orang bilang politik itu kotor, jahat, licik, dan sebagainya. Semua pandangan bersifat negatif. Bahkan tidak sedikit orang yang anti politik. Apatis. Tapi, tahukah anda? Tanpa sadar kita berpolitik. Contoh kecilnya, ketika anda lahir kemudian dibuatkan identitas berupa akta kelahiran. Ketika berumur 17 tahun membuat KTP. Itu semua produk politik. Tapi, yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah partisipasi politik masyarakat. Bagaimana pentingnya partisipasi masyarakat dalam negara ini.

Politik itu Penting

Politik itu penting, karna politik harga BBM bisa diatur. Karna politik, biaya sekolah bisa gratis.
Dengan kata lain, politik yang mengatur perihal kemaslahatan orang banyak. Hal ini penting untuk diperhatikan. Oleh karena politik mengatur kepentingan orang banyak, maka politik perlu dijalankan dengan benar. Permasalahannya di sini ialah, politik dijalankan tidak sesuai dengan semestinya. Kebanyakan politikus memanfaatkan kekuasaan politiknya untuk kepentingan pribadi maupun kelompoknya. Para anggota dewan tidak lagi menjadi perwakilan rakyat, tapi sudah menjadi perwakilan partai. Mereka tidak lagi membawa kepentingan rakyat, tapi membawa kepentingan partai. Maka, yang terjadi ialah, kebijakan yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan rakyat. Jangan heran ketika banyak kebijakan tidak pro rakyat.
Apatis bukanlah jalan keluar dari permasalahan yang ada. Justru, kita sebagai rakyat harus turut andil dalam politik. Dengan keapatisan rakyat, penguasa politik akan semakin nyaman di posisinya.


Masyarakat Harus 'Melek' Politik

Perlu adanya usaha untuk meluruskan pandangan masyarakat mengenai politik. Masyarakat harus paham bahwa politik tidak selalu berbicara soal perebutan kekuasaan (walaupun kenyataannya begitu), tak tik licik, dan segalanya yang bersifat negatif. Tapi, masyarakat harus tahu bahwa hidup kita di negara ini diatur oleh politik. Soal harga BBM, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya. Kalau masyarakat masih buta akan politik, maka bersiaplah diatur oleh orang dengan segudang kepentingan pribadi dan kelompoknya.
Rakyat adalah unsur penting dalam berdirinya sebuah negara. Tidak ada rakyat, maka tidak ada negara. Begitupula Indonesia yang katanya demokrasi. Kekuasaan ada di tangan rakyat. Ini panggung penting bagi rakyat. Dalam negara demokrasi semua orang bebas berpendapat, bebas memilih maupun dipilih. Maka dari itu rakyat harus memanfaatkan kebebasannya untuk berpendapat. Mengkritik pemerintah, misalnya. Rakyat juga bebas memilih pemimpinnya maupun dipilih untuk jadi pemimpin.
Karena dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, maka rakyat perlu cerdas dalam menghadapi kondisi politik.
Singkatnya, masyarakat harus cerdas memilih pemimpin. Banyak tragedi politik uang di negara ini. Tanpa sadar, rakyat telah menjual suara dan haknya hanya untuk selembar uang yang tak bernilai, jika dibandingkan dengan masa depan negara ini. Jangan heran ketika banyak tindakan korup oleh para pejabat, yang dipilih saja yang politik uang.
Oleh karenanya, masyarakat harus melek politik. Karena tidak semua orang baik, jadi kita harus berusaha untuk tidak dikuasai oleh orang tidak baik.



Pentingnya politik untuk rakyat, karna politik rakyat bisa makan, sekolah, bahkan nikah sekalipun.
Politik ada untuk kebaikan bersama, maka penguasa politik harus yang memikirkan kepentingan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar