Senin, 17 Oktober 2016

Konsep Kepemimpinan

Lagi iseng, post tugas kuliah aja kali ya.. 
Semoga manfaat. :)

KONSEP KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan tidak lepas dari kata memimpin. Memimpin berarti memandu, mengepalai. Secara etimologi pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain. Menurut Burns, kepemimpinan merupakan proses hubungan timbal balik pemimpin dan pengikut dalam memobilisasi berbagai sumber daya ekonomi politik dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Terdapat beberapa konsep kepemimpinan, misalnya kepemimpinan dalam Syi’ah (Imamiyah). Syi’ah merupakan golongan orang-orang yang menolak Umayyah dan Abbasiyah sebagai pemimpin. Alasannya, Umayyah dan Abbasiyah dianggap tidak beriman dan amoral[1]. Maka, kepemimpinan diturunkan ke Ali bin Abi Thalib sampai ke keturunannya berdasarkan peristiwa ghadir khum. Dalam konsep kepemimpinan syi’ah, pemimpin adalah wali tuhan. Seorang pemimpin memiliki pengetahuan yang sempurna tentang syari’at Al Quran dan Hadits (yang diwariskan dari satu imam kepada imam lainnya). Pengetahuan tersebut hanya ajaran yang diwariskan dari imam atau wakilnya yang merupakan pengetahuan sejati.
Selain memiliki pengetahuan yang sempurna, Imam juga terjaga dari dosa. Menurut teolog Syi’ah, manusia cenderung berbuat salah dan karenanya butuh bimbingan. Maka. Tuhan menganugerahkan bimbingan yang benar kepada manusia melalui iam yang terjaga dari dosa (ma’shum).

Referensi :
 Black, Antony, Pemikiran Politik Islam: Dari Masa Nabi Hingga Masa Kini, terj., Jakarta: Serambi, 2006.


[1]·         Black, Antony, Pemikiran Politik Islam: Dari Masa Nabi Hingga Masa Kini, terj., Jakarta: Serambi, 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar